Rabu, 10 Maret 2010

STRUKTUR ORGANISASI KEHIDUPAN

Selama berkecimpung di dalam pengajaran biology, nampak siswa belum mengerti benar tentang struktur organisasi kehidupan. Mereka belum dapat membedakan apa yang dimaksud dengan sel, jaringan, organ, sistem organ dan individu. Baik untuk dapat membedakannya kita definisikan mulai dari organisasi terkecil;
1. Sel : Unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. Dalam hal ini siswa terkadang mendefiniskan sel sebagai bagian terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. Hal ini benar-benar sesuatu hal yang salah kaprah (missconception). Sel disebut sebagai unit terkecil karena di dalam sebuah sel sudah terjadi project kerja yang luar biasa. Mulai dari kerja membran sel yang luar biasa di dalam hal menyeleksi zat-zat yang masuk maupun keluar dari sel. Tidak semua zat dapat masuk ke dalam sel. Hanya zat-zat yang diperlukan sel akan masuk ke dalam sel. Zat-zat yang membahayakan sel tentunya akan ditolak oleh sel. Hal yang luar biasa lainnya adalah kerja dari organel-organel sel yang terdapat di dalam membran sel di luar inti sel, seperti; mitokondria (respirasi sel; di sini zat makanan akan dioksidasi (melalui proses kimia yang sangat rumit) dan hasil akhirnya adalah Energi (yang diperlukan makhluk hidup untuk beraktivitas). Retikulum Endoplasma, organel sel yang memiliki saluran/ terowongan yang menghubungkan antara inti sel dengan di luar inti sel. Di channel tersebut terdapat sekumpulan ribosom yang berperanan di dalam proses pembentukan protein yang dibentuk dari sekumpulan asam amino. Pembuatan protein tersebut dikenal sebagai Sintesis Protein. Selanjutnya di dalam inti sel di mana tersimpan sejumlah kromosom yang membawa milyaran bahkan trilyunan genetika (pewarisan sifat) yang terkandung di dalam gen. Jadi dapat kita lihat bahwa dari sebuah sel saja sudah terjadi suatu unit kerja yang luar biasa.
2. Jaringan : Sekumpulan beberapa sel yang mempunyai bentuk, struktur, fungsi yang sama. Contoh dari jaringan adalah jaringan darah (terdiri atas sel-sel darah), jaringan tulang (terdiri atas sel-sel tulang), jaringan otot (terdiri atas sel-sel otot), jaringan epitel (terdiri atas sel-sel epitel), dan lain sebagainya.
3. Organ : Sekumpulan dari beberapa jaringan yang berbeda. Contoh; Organ jantung, terdiri atas jaringan otot, jaringan syaraf, jaringan darah, jaringan epithel, dlsb.
4. Sistem Organ : Sekumpulan dari beberapa organ yang saling kerja sama/ terkoordinasi. Contoh; Sistem Ekskresi terdiri atas organ ginjal, kulit, hati dan paru-paru. Sistem Respirasi, terdiri atas rongga hidung, trakea, bronkhus, bronkiolus, alveolus dan paru-paru. Sistem Transportasi/ peredaran darah, terdiri atas organ jantung, pembuluh darah (arteri, vena dan kapiler). Sistem Gerak terdiri atas Otot (alat gerak aktif) dan Tulang (alat gerak pasif). Sistem Endokrin (hormon)terdiri atas kelenjar-kelenjar endokrin yang tersebar di beberapa titik tubuh kita; contoh; kelenjar hipotalamus (master of glands/ dialah yang mengatur kerja dari kelenjar endokrin lainnya), kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon tiroksin (berperanan di dalam pertumbuhan, kekurangan hormon ini dapat menyebabkan tubuh kerdil dan idiot/ kretinisme), kelenjar adrenal, terdapat di atas ginjal yang menghasilkan hormon adrenalin, kelenjar kelamin yang terdapat pada alat kelamin (pada pria/ testis yang menghasilkan hormon testosteron, pada wanita/ ovarium yang menghasilkan hormon estrogen dan progesteron)
5. Individu (keseluruhan dari sistem organ membentuk makhluk hidup).
Baik, untuk sementara materi untuk struktur organisasi kehidupan kita cukupkan sampai di sini.

1 komentar:

Poskan Komentar